Profil Madrasah Aliyah

By Redaktur 09 Jan 2019, 01:06:17 WIB

Profil Madrasah Aliyah Mamba'ul Ulum

 

Data Madrasah

1 NAMA MADRASAH : MA. MAMBA’UL ULUM
2 ALAMAT MADRASAH : AWANG – AWANG
3 KECAMATAN : MOJOSARI
4 NO. TELP. SEKOLAH / FAX : 0321 593526
5 STATUS MADRASAH

: TERAKREDITASI A  NILAI : 92

 No SK : 1179/BAN-SM/SK/2021

Tanggal SK : 16-Nov-2021 -16-Nov-2026

6 WAKTU PENYELENGGARAAN : PAGI
7 TAHUN PENDIRIAN MADRASAH : 1964
8 NOMOR IJIN PENDERIAN MADRASAH : LM/3/161/C/1978
9 NOMOR STATISTIK MADARSAH (NSM) : 131.23.51.60.015
10 NOMOR POKOK SEKOLAH NASIONAL (NPSN) : 20584262
11 JENJANG AKREDITASI : 5 TAHUN SAMPAI 2021
12 NAMA YAYASAN/PENYELENGGARA : MAMBA’UL ULUM
13 NAMA KETUA YAYASAN : An. KH. Drs Abd Rosyid Manshur.
14 WEBSITE www.mambaul-ulum.sch.id
15 E-MAIL 1 admin@mambaul-ulum.sch.id
16 E-MAIL 2 ma.mambaul@gmail.com
17 E-MAIL 3 mcclabkom@gmail.com
     

 

  • Data Kepala Madrasah
1 Nama / NIP Kepala Sekolah : Drs. Samsudin
2 No. SK Kepala Madrasah : 06/PYMU/SK/III/2016
3 Alamat Rumah : Awang-awang Mojosari
4 Nomor Rumah / HP : 0857-3212-1275

 

 

  • Lain – Lain Milik Madrasah

 

  1. Jumlah Ruang Kelas : 9 Ruang   Baik : 7    Rusak Ringan : 2
  2. Jumlah Komputer : 25 Unit Komputer / Internet Acces
  3. Jumlah Kursi / Bangku             : 180 Stel
  4. Fasilitas Laboratorium Yang ada       : Lab. Komputer, Lab. IPA dan DILMAM (Mamba’ul

Ulum Digital Library).

  1. Status Tanah :  Milik Yayasan dan Bersertifikat
  2. Surat Kepemilikan Tanah             :  Milik Sendiri
  3. Luas Tanah             :  4800 M2
  4. Lain – lain : Rintisan Balai Pusat Latihan Kerja
  5. Tukang Kebun / Pesuruh : 2 Orang

VISI MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN

A. Visi Madrasah 

Sejalan dengan tujuan pendidikan jenjang menengah maka Madrasah Aliyah Mamba’ul Ulum memiliki visi sebagai berikut: “Terwujudnya Lulusan Madrasah Aliyah Mamba’ul Ulum Mojosari yang Berakhlaqul Karimah dan Berprestasi“

Berdasarkan visi di atas, dirumuskan beberapa indikator capaian visi sebagai berikut:

1. Berakhlaqul Karimah:

a. Berdo’a dan membaca Asmaul Husna setiap mengawali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

b. Mengucapkan salam setiap bertemu warga madrasah, tamu madrasah, dan masyarakat secara umum.

c. Shalat fardhu berjamaah.

d. Melaksanakan tadarus Al Qur’an, baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat.

e. Melaksanakan shalat sunnah dhuha secara mandiri.

f. Berbusana rapih dan sesuai dengan tata tertib sekolah dan syariat Islam.

g. Tidak terlibat tawuran, narkoba, seks bebas dan gejala patologi sosial lainnya.

h. Bersikap jujur dalam ucapan dan tindakan.

i. Tidak menulis dan mengucapkan kata-kata kasar, baik di dalam lingkungan madrasah maupun di luar madrasah.

j. Peduli dengan kebersihan lingkungan kelas, lingkungan madrasah, dan lingkungan masyarakat pada umumnya.

k. Bersikap dermawan terhadap sesama.

l. Menjadi pelopor kegiatan keagamaan di masyarakat.

m. Memiliki kesalehan individual dan kesalehan sosial

2. Berprestasi:

Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik dengan indikator sebagai berikut.

a. Memiliki nilai AKM yang memenuhi kualifikasi nasional

b. Hasil ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun di atas KKM yang sudah ditetapkan di madrasah;

c. Menjadi juara KSM mata pelajaran Matematika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;

d. Menjadi pelopor dan juara kegiatan ekstrakurikuler tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;

e. Menjadi pelopor dan juara kegiatan keagamaan, olahraga, kesenian (AKSIOMA) dan pendidikan tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional;

f. Memiliki literasi keuangan yang baik;

g. Lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

B. Misi Satuan Pendidikan 

Untuk mewujudkan visi, madrasah ini memiliki misi, sebagai berikut

1. Menyusun kurikulum madrasah yang berkarakter Islami, aktual, dan sesuai dengan landasan konstitusi.

2. Membudayakan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam dalam aktivitas sehari-hari di Madrasah.

3. Meningkatkan kualitas KBM berbasis IPTEK sebagai upaya peningkatan prestasi peserta didik.

4. Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi, minat, dan ketrampilan yang dimiliki peserta didik yang berkarakter dan berwawasan lingkungan.

5. Membudayakan literasi melalui pemanfaatan perpustakaan konensional dan digital untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam berfikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif.

6. Membiasakan kegiatan belajar mandiri yang terbimbing kepada peserta didik dengan berbasis UKBM dan E-Learning.

7. Mengikutsertakan warga madrasah dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik.

8. Mewujudkan mutu lulusan madrasah yang berakhlakul karimah, berdaya saing, dan siap berkolaborasi di masyarakat.

9. Mengoptimalkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang inovatif, profesional, amanah, dan peduli lingkungan.

10. Mewujudkan laboratorium digital terpadu (IPA, IPS, PAI, multimedia) untuk mewadahi kreasi dan inovasi warga madrasah.

11. Menyelenggarakan pengelolaan madrasah yang tertib, transparan, dan akuntabel, serta berwawasan lingkungan.

12. Melaksanakan evaluasi pembelajaran berbasis CBT sebagai upaya mewujudkan penilaian

13. yang autentik dan dapat dipertanggungjawabkan.

14. Melengkapi dan mengoptimalkan Sistem Informasi Madrasah untuk mewujudkan manajemen madrasah yang terpusat.

15. Membudayakan hidup bersih dan sehat kepada seluruh warga madrasah dan sekitarnya.


C. Tujuan 

Tujuan akhir yang diharapkan oleh MA. Mamba’ul Ulum dalam pelaksanaan program-program madrasah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

1. Tujuan Jangka Panjang

a. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa, berakhlakul karimah, berperilaku islami, mandiri, peduli lingkungan, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsa dan memiliki tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

b. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

c. Menghasilkan lulusan yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

d. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.

e. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).


2. Tujuan Jangka Menengah

a. Membentuk karakter pembelajar yang islami berlandaskan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamiin.

b. Menyusun beban belajar bagi pelajar yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.

c. Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kritis, kreatif dan inovatif.

d. Memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan potensi yang dimiliki agar mampu berprestasi akademik maupun non akademik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

e. Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

f. Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang orisinil.

g. Memfasilitasi pelajar untuk mengasah kecakapan hidup sesuai dengan minat


3. Tujuan Jangka Pendek

a. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamiin

b. Melaksanakan pembiasaan ibadah ubudiyah melalui kegiatan sholat dhuha, sholat wajib,khotmil Qu’an, kajian kitab, dan Jumat infaq.

c. Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin  secara terintegrasi pada semua mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.

d. Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin  .

e. Mendorong pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil  Pelajar Pancasila.

f. Proses belajar yang manageable namun tetap berkualitas

g. Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 95%.

h. Mengelola proses belajar mengajar yang bervariasi agar motivasi belajar siswa mencapai minimal 90%.


D. Target

Berdasarkan visi, misi dan tujuan pendidikan MA. Mamba’ul Ulum yang telah digariskan, maka ditetapkan target sebagai berikut :

1. Prestasi di bidang akhlak mulia;

a. Membiasakan sikap toleransi, moderat, keseimbangan, serta adil

b. Membudayakan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan melalui gerakan Usaha Kesehatan Madrasah/UKS dan gerakan Adiwiyata

c. Mewujudkan lingkungan madrasah yang kondusif untuk belajar mengajar,

d. terhindar dari segala bentuk kekerasan fisik, kekerasan verbal, vandalisme, gank, dan  NAPZA


2. Prestasi di bidang ilmu agama

a. Memiliki kebiasaan tadarus Al-Qur’an, sholat berjama’ah, sholat sunnah, berdo’a,

b. dzikir, dan melafalkan serta meneladani Asmaul Husna

c. Mengembangkan tahfidzil Qur’an dg target min. bertambah hafalan 1 juz

d. Mencetak kader da’i dan khatib (muballigh/muballighat)

e. Memperoleh prestasi dalam lomba keagamaan

3. Prestasi di bidang Ilmu pengetahuan dan Teknologi

a. Rata-rata nilai ujian meningkat setiap tahun

b. Prosentase peserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri meningkat.

c. Memperoleh prestasi di dalam lomba-lomba ilmu pengetahuan/ olimpiade/ KSN/ KSM dan Teknologi

d. Jumlah peserta didik yang mengikuti Lomba Kewirausahaan, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan LPIR bidang Sains dan Teknologi meningkat setiap tahun

e. Memperoleh prestasi dalam LKTI dan LPIR bidang Sains dan Teknologi

f. Memiliki kemampuan dalam bidang ketrampilan multimedia/teknologi informasi

4. Prestasi di bidang Bahasa dan Budaya

a. Mengembangkan budaya belajar positif (belajar keras, belajar cerdas, belajar ikhlas dan belajar tuntas)

b. Menerapkan budaya yang selaras dengan nilai – nilai islam dalam kehidupan sehari –hari.

c. Membudayakan 5K (Kebersihan, Kesehatan, Kedisiplinan, Ketertiban, dan

d. Keamanan) dan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun)

e. Memiliki kompetensi unggul dalam bercakap-cakap bahasa Inggris dan atau bahasa asing lain.

f. Memperoleh prestasi di bidang bahasa dan budaya .

g. Memiliki kemampuan literasi dan berpikir kritis.


5. Prestasi di bidang Olahraga dan Seni

a. Mengembangkan bakat peserta didik di bidang olahraga dan seni

b. Memperoleh kejuaraan di bidang olah raga dan seni.